Wednesday, November 10, 2010

Cherry Bombshell

The interview with cherry bombshell

kemana aja udah tiga tahun nggak keliatan ?
Cherrybombshell          : Sebenernya ada aja sih, kita mulai tahun 2003,udah mualai banyak manggung lagi ..sebenernya 2002 sih udah banyak manggung tapi masih sekitar Jakarta- Bandung, Bandung –Jakarta, dan banyaknya di Jakarta tapi mungkin kabarnya nggak sampe ke Jogja. Kebeneran saya bikin even juga kebetulan waktu itu Flower Pop, jadi untuk naikin si Cherry bombshell juga tujuannya ke sana, jadi ceritanya yang bikinnya itu saya, Jemmy, managernya Mocca, sama Marin. Sengaja bikin even karena kalo kita nungguin orang ngundang even seperti itukan nggak mungkin jadi kita bikin even sendiri. Acaranya akustik dikemasnya ekslusif, vokalisnya cewek semua dan dengan konsep yang belum pernah ada. Alhamdullillah responnya bagus banget dan alhamdulillah juga si bandnya sendiri jadi naik juga semuanya. Rencananya ahir tahun ini kta mau bikin lagi.

album ketiga ini indie?
Cherbomb         : ” gini sebenernya kita juga ada beberapa label major gede yang nanyain, kita nggak masukin, belum masukin karena anak2 maunya indie label, perusahaan rekaman yang kita masukin malah yang nolak2 kita gitu. Ada beberapa yang kita masukin kita ditolak, yaaa saya tujuannya bukan untuk diterima atau bukan tapi pengen tau komentar orang dari industri musik tentang materi dari album ke tiga cherbo,mb seperti apa dan rata2 itu bilengnya musiknya terlalu berat gitu!!!, yaa nggak masalah bagi kitam, kita Cuma pengen tau komentarnya aja ,O!! begitu ternyata telinga mereka masih terlalu bisnislah gitu untuk musik seperti kita , sedangkian kita ngak mau mengubah musik bagaimana pun laku atau nggak laku ya begini,,,,,

perbedaan apa?
Cherbomb         : sebenernya sama aja sih gimana band yang ngejalaninnya indie label atau major label itu ada kurang , ada lebihnya semuanya ada konsekuensinya kita ini siap sama konsekuensi itu nggak gitukan. Kalo kita ngambil major label tentunya kita kan udah diplot seperti ini, nah  kalo kita milih itu ya kita harus siap dengan itu. Kalo kita udah pengen milih independen kita jangan ngeluh kalo kaset kita nggak laku. Karena pemasarannya terbatas gitu kan. Konsekuensinya sama aja sebenernya. Kenapa cherbomb pengen independen itu karena dua album yang dulu itu kan kita major label tapi kok kita bergeraknya seperti band independen karena kita kurang promosi dari sana jadi ngapain kita major label kalo jalannya seperti ini mending kita independen aja, kita nggak terkait sama pihak lain gitu kan ibaratnya,?’; kita lebih bebas

masalah finansial kan lebih enak kalo di major label?
Cherbomb         : iya!! Masalah finansial ..iya sih Cuma!?: finansial yaa”””” yaaa itu enaknya disitu tapi kurangnya juga adakan mungkin kalo di independen kurangnya di finansial tapi dari segi kebebasan kita lebih bisa dihargai gitu” , kita lebih  bisa menghargai karya kita sendiri. Karena,”,  apa ya, ya itu major label kan nggak ngeliat musiknya bagus atau nggak, berkualitas atau nggak tapi yang penting laku gitu kan!””sedangkan kalo kita, mending musik kita nggak laku sudah jelas musiok kita, tapi musik kita juga berkualitas menurut kita.

ke depan cherbomb ini mau gimana?   
Cherbomb         : untuk ke depan itu,,,,, sekarang yang paling deket aja, rencana jangka pendek aja dulu, kalo rencana jangka panjangnya sih pengen terus lah ampe semampu kita apalagi kalo kita masih dikasih kesempatan untuk masih bisa terus, makanya ini udah beberapa kali pergan tian personil tapi buat saya secara pribadi nggak masalah gitu saya merasa wah tanpa merekapun charbomb masih bisa jalan karena cherbopmb tuh bukan mereka, cherbomb itu band bukan personal, kalosecara personal itu mungkin lebih ke saya gitu karena saya yang mendirikan, saya yang membangun, membesarkan, tapi pada dasarnya saya bukan seperti itu, saya lebih seneng semuanya bareng2. karena sayapun kalo tanpa yang lain2 juga nggak bisa ngapa-ngapain. yaa jadi yang paling deket ya ngeluarin album, tolong doain aja soalnya kita materinya udah siap, tingal siapa yang ngeback up kita, soalnya kalo kita nge back up semua juga kita masih belum siap (  he..he,,he…ngeluarin gaya makan nya orang srimulat) serius banget sih? Teruus apa lagi yah?:” ooh materi untuk album ketiga udah siap 13 lagu tapi masih dalam bentuk demokita masih belum masuk studio yang beneran gitu yah”” baru bikin di rumah, ada ide direkam, ada ide lagi di rekam lagi. ( the manager give outmagz the cd) nah itu”” ada empat lagu diantaranya tapi ada 13 lagu sebenernya nah terus selama ini sih kita penasaran banget pengen ngeluarin karena setelah kita punya beberapa lagu ini, dan beberapa kali manggung bawain lagu baru itu responnya bagus, dan beberapa label yang ngerti ama musik kita bener2 tertarik dan mereka respon banget, Cuma mereka dari segi finansial belum siap karena mereka juga independen,tapi buat kita nggak masalah yang penting cherbomb jalan. Untung nya saya  cherbomb merasa format sekarang lebih enak lebih bisa terbuka, lebih santai tapi juga lebih serius. Kalo orang menilai , cherbomb sekarang kalo di panggung lebih kokoh katanya, cherbomb lebih kuat katanya itu orang yang menilai, tapi kao di dalemnya kita merasa lebih terpusat saling terbuka, dulu??? Orang orangnya aneh aneh trus dari segi musik dari album ke riga ini lebih banyak ke saya, karena si ajo dan billy udah keluar, trus aji juga keluar jadi sayapun nggak mau nunggu sampe ada orang yang mau,, saya harus bikin jadi kalo ada 13 lagu disitu saya nyumbang 11 lagu. Si Aji bekas gitaris cherbomb , dia nyumbang dua, tapi dari 13 lagu itu kebetulan liriknya saya semua yang bikin   tapi maksudnya bukan untuk mendominasi, tapi karena temen2 menyerahkan itu semua ke saya. Karena pada dasarnya dari album 1,2 sampe sekarang saya pengenya semuanya rata, posisinya sama kalodi depan, di depan semua. Tapi pada kenyataannya temen2 yang memposisikan saya di depan gitu. Ya::: nggak masalah, selama anak2 masih bisa diatur nggak apa2 nggak masalah.

ada perbedaan banget nggak cherbomb yang dulu sama yang sekarang?
Cherbomb      : eee kalo dari segi musik pada dasarnya kalo secara umum nggak , masih disitu. Saya dari jaman mini album, demo, saya udah terlibat paling nggak apa yah??? Sumbangan ide saya dari album yang dulu udah ada gitu,,, terus karena sayapun selalu mengikuti proses dari awal sampe ahir dan yang sekarangpun saya juga ngerjain, mungkin lebih saya bangetlah tapi cherbombnya juga nggak ilang Cuma pasti ada perubahan karena Esti punya karakter yang lebih spesifik, kalo secara umum masih sama ama widi yah latar belakang musiknya sama tapi dia punya karakter yang lebih ( the manager said “lebih bagus apa lebih jelek tuh) lebih bagus dunk terus dari segi lirik mungkin lebih gampang ( the manager said “ nggak ada cintanya)

nggak ada lagu cintanya nih?
Cherrybombshell          : cherrybombshell itu udah ada pakemnya kali ya,? Kita ada aturan yang sebenernya kita sendiri yang buat bukan “”” kamu nggak boleh bikin lirik dengan kata2ini :: nggak tapi dalam diri sendiri tu, saya nggak bisa nulis kata2 cinta, pacar, kasih sayang(the manager said “tapi walaupun kita menuju itu “) dan kalaupun kita nulis ttg itu bahasanya lain, kan chernbomb lebih suka ngungkapin tuh nggak nggak yang orang langsung bisa nangkep, mikir dulu lah dikit gitu. Makanya orang2 ngeluh kalo cherrybombshell musiknya susah. Makanya dengerin cherrybombshell itu nggak bisa sekali. Mungkin kalo farap musik yang manis2 kan sekai langsung enak kalo cherbomb harus 5x, 6x 7x baru bisa. Musik kita susah didenger tapi susah dilupakan orang. Kita nggak pernah terpengaruh sama orang untuk bikin lagu yang laku kan kita juga diprotes sama mocca “kok bikin lagu yang sedih2 terus kenapa ngak bikin lagu yang ceria biar laku”. Tujuan kita main band bukan untuk kaya, kalo kita pengen kaya mungkin bikin lagunya yang bener2 ngejual kikta main band karena kita bisa main musik, kita hobi main musik , bisa bikin lagu, direspon samna orang, ada permintaan , ok tapi kita juga nggak munafik pada ahirnya kita main band truws dapet duit, kenapa nggak tapi tujuannya bukan kesana makanya kadang banyak band yang terklalu berkoar dengan idelisme “band saya idealis2X” tapi idealismenya cumin diucapin aja tindakan nggak

lha idealisme cherbomb  yang seperti apa?
Cherbomb        : bukan yang seperti itu tapi harus ditunjukkan dengan tindakan “ kalo kamu merasa idealis kamu harus tunjukkan bagaimana idelismemu itu” sewkarang saya ngaku idealis tapi kalo manggumng masang harga komersil? Itukan bukan idealois lagi. Ketika saya bikin lagu arahnya Cuma untuk laku? Itu bukan idealis juga pada intinya siapasih yang pengen nggak laku? Cherbomb pengen banget albumnya laku , tapi kita nggsk dibuat2 gitu makanya ketika saya diprotes kok laguinya sedi2 tapi yaa kayak begini keluarnya, kita nggak mau “ya udah ganti semua, bikin yang gini,yang gitu” nggak kayak gitu tapi ini salah satu sikap idealisme kita.

Bandung kan banyak band2 baru nih sekarang trus gimana perkembangan musik indie di bandung sekarang ini. 
Cherbomb         : kan di Bandung sekarang lagi banyak band baru, kalo boleh jujur ada yang bagus , ada yang jelek gitu, nah pernah ada yang naya juga” nih di bandung banyak muncul band , merasa tersaingi nggak/”charbomb.oh nggak , cherbomb nggak pernah merasa tersaingi karena apa, orang yang menilai nih yaa, di Indonesia tuh nggak ada yang sama jenis musiknya seperti chrerry bombshell, satu2nya aliran yang seperti ini tuh Cuma cherry bombshell itu kata orang. Kita juga sadar seperti itu setelah orang yang menilai makanya kita yakin dalam bermusik kita nggak pernah ada merasa saingan2, kita meras band saya, band kamu3x sudah merasa memiliki dunianya sendiri2 , udah punya rejeki sendiri2 ketika ada band yang lagi naik kita ikut seneng tapi njangan sombong dong , ada saatnya untuk dibawah malah vherbomb seneng kalo ada band bagus dari bandung keluar” gitu dong dari bandung”. Kalo ada band dari bandung jelek waah kita malu, kok band dari bandung begini sih, kan malu2in bandung. Untuk perkembangannya sndiri, bagusnya bandung tuh saling support anrata satu band dengan band yang lain. Yaitu istilanya nggak ada saingan2

perkembangan kota lain contohnya jogja , kan di sini sekarang banyak band local bagus yang muncul, itu gimana cherbomb sendiri ikut mengamati gak?
Cherbomb         : yaa ada sih pasti soalnya secara nggak langsung merekakan bikin kaset juga kan dan itu juga beredar dui Bandung. otomatis kalo musiknya masih sama informasinya pasti nyampe walaupun kita belum denger tapi paling nggak namanya tau, waah ada acara pop bandnya ini3x kita tau juga lah yaaa. Kebetulan kita barru pertama main di joja jadi belum tau responnya seperti apa. Kita sih ngak harapin respon yang wah kita sih terserah penonton mereka nggak harus joget di depan tapi bisa juga duduk atau terserah. Kita juga pas main di Surabaya nggak nyangka responnya bagus banget diluar dugaan. Nggak tau kenapa malem ini juga saya banyak dapet sms hampir dari seluruh Indonesia pada nanyain album ketiga , makanya kita seperti punya utang.
Ada bocoran tentang album ketiga nggak nih? Misalnya judul albumnya ?
Cherbomb         : kalo judul albumnya belum boleh tapi intinya tema secara umum itu ceritanya begini, cherbomb kan ditinggalin 3 personilnya nih, di album ke3 kita nyeritain oh nggak apa2 kok ditinggal sama mereka, kita harus ngeliat ke depan aku ngerasa ja;lan kita masih panjang banget. Masih banyak yg harus dikerjain dan disumbangkan oleh cherbomb khususnya musik pop, krena di Bndung pun cherbomb dituntut untuk nggak boleh mati. Kalo orang ngomongin perkembangan musik pop di bandung, cherbomb termasuk ditaruh yang diatas, termasuk jadi aikonnya lah gityu, termasuk jadi pengaruh buat band lain, kita sedih sih ditinggalin tapi kita juga gak peduli, kita juga bisa tanpa mereka. 

pop yang seperti apa yang cherrybombshell tawarin?
Cherbomb         : kita basicnya tuh pop tapi pop yang berdistorsi, pop yang berat makanya juga kita namanya juga heavy pop , harfiahnya adalah pop yang berat gituh.

Tengkyu

Ibeng 

Superman Is Dead



Intervu ini dilakukan satu jam setelah insiden pemukulan pada konser di UPN beberapa tahun lalu.

Bagaimana pandangan SID tentang youth culture yang berkembang di Indonesia sekarang.
SID     : tentang youth culture sekarang jauh lebih baik, dulu salah satu youth culture yang dianggap paling pemberontak adalah punk rock sekarang semua juga pemberontak selama berada diluar gaya berfikir mainstream, ada ska grunge dan lain-lain jadi sekarang perkembangan youth culture jauh lebih baik ada banyak varian

sekarang SID kan udah jadi band gede, kalo suatu saat ada tawaran main di acara punk rock tapi alat band nya seadanya, gimana? masih mau main gak?
SID     : masih!!ya itu juga kita kalo main tetep kita berpijak di dua sisi, ini scene
di highway dan scene di komersial. Di scene komersial kan tempat kita cari duit tapi kita juga milih banget komersial yang seperti apa, sebab ini kan udah tahun kedelapan kita dimusik dan kita ini pengen hidup dari musik.Untuk terus menerus main dengan kualitas pas2an sesudah tahun ke-4 pasti nilai artistiknya sudah nggak pas soalnya kita ingin main serius.Cuman tetep sound sistem yang bagus seandainya ada. Jadi seandainya kayak” tadi  nggak masalah itu…

sekarangkan yang menjadi kontroversi adalah tentang major dan non major, kan ini ada dampaknya contohnya kejadian kayak tadi( bobby dipukul di atas panggung) SID sendiri gimana menanggapinya?
SID     :Kita menyadari langkah yang kita lakukan ketika kita tanda tangan sama major dan jangan pernah lupa kita nggak pernah apa yang namanya kirim2 demo ke label manapun karena kita tau kalo kita kirim demo ke ( because its very crouded, we move to next room 4 interview) Itu adalah sebuah yang paling realistis karena dulu kita jalan tujuh taun di jalur indie. Pada tahun ke tujuh itu banyak label2 yang datang menawarkan. Itu jelas kita ambil karena kita ini pengen serius hidup dari musik sebab kalo terus menerus di independen. Ini kan di indonesia negara miskin kta nggak bisa survive dengan itu. Kalo dibayar thank you 3x, coba kalo kita mo hidup dari musik nggak bisa, trus yang penting itu nggak melenceng dari idealisme kita, ketika ahirnya kita teken kontrak dengan sony musik, kita dari awal maunya 70% Inggris dan 30% Indonesia dan tidak ada intervensi wilayah artistik disitu jadi ahirnya dia bilang mau, terus apa yang salah dengan itu jadi hubungan antara SID dengan SONY music (major label) itu posisi kita sejajar bukan antara atasan dengan bawahan jadi ketika dia akan melakukan sesuatu tetep ada komunikasi. Jadi dari bikin lagu, cover kaset, bikin video klip itu kita yang nentukan semua, maksudnya begini tetep pasti kita ada kompromi discenei. Misalkan untuk cover album, kita bikin beberapa pilihan, 4 pilihan tar mereka bilang oh ya ini bagus dan ternyata buat kita itu bukan yang paling favorit kita argumen lagi jadi nggak ada yang namanya kita di setir saama major itu nggak ada karena dari awal posisi kita sudah sejajar . itu yang orang sering salah sangkla tentang kita, dan juga waah sejak masuk major musiknya lebih melo,,,,, padahal album pertama dan kedua itu memang namanya sedang mencari bentuk. Dan album ketiga itu kita sudah menemukan bentuk kita dan waktu itu belum sign up sama major

trus untuk mengantisipasi dari kalangan punk sendiri yang sudah ngecap jelek itu gimana? karena proses semuanya itukan cuma SID yang tau, mereka kan tidak tau hal tersebut?
SID     : kita sudah pernah nyebarin, kita nggak bisa  harus memberitahu semua orang bahwa kita seperti ini, biar aja mereka menilai, asalkan dalam menilai sesuatu jangan judgemental, disitu harus ada azas praduga tak bersalah. Dan sebelum nge-judge sesuatu harus ngeliat pra kondisi dulu,pra kondisceneya adalah kita nggak pernah nawarin demo dari situ orang seharusnya bisa ngeliat. Kan kalo utuk nerangin terus seperti itu kita nggak bisa orang jadi biar aja mereka menilai sendiri.Cuma yang jelek yang terjadi adalah ketika kita masuk major, orang2 orang sudah ngecap seperti itu okelah fine tapi kalo counter yang mereka lakukan udah dengan cara  kekerasan itu yang tidak benar. Ketika mereka tidak menghargai pilihan kita masuk major boleh bebas aja, berbeda pendapat itu hak setiap orang, jadi mereka itu tiran mereka memaksakan kehendak jadi loe kok sepertio ini3x tanpa tau pra kondisceneya seperti apa kita berjuang nangis darah. Balancenya adalah kita main di komersial untuk hidup, tetep main di tempat dengan iklan2 rokok tapi yang jelas nggak ada musik dangdutnya, da besokkan nya main di acara underground tanpa dibayar.

SID ini masih punk rock nggak
SID     : masih tapi punk rock dalam versi yang lebih terbuka, punk rock dalam stereotipoe yang ada di scenei seperti harus terlihat gembel, nggak boleh kaya, nggak boleh popular segala macem. Kan itu yang terjadi??kalo orang ngomongin punk rock yang sekarang udah terbentuk dipikiran kita padahal itu state of mind sebenernya dan bukan dari tampak luar dan aku udah banyak ngeliat jaksa agung muda urusan punk rock itu setiap tiga tahun tahun berubah orangnya. setelah tahun ketiga orang punk diterima atau bekerja di instansi pemerintah, udah nggak punk rock lagi kan itu yang terjadi, wah harus bangun pagi2 dan kita nggak pernah berubah dari dulu, kita tetep sama seperti yang dulu nggak ada yang berubah dari kita Cuma sekarang kita hidup lebih sejahtera karena anda serius bermusik dan ingin hidup dari musikdan ketika respon publik itu sangat bagus apa salah mereka. Tapi kita kurang suka ditempatkan lebih ke selebriti bangetcuma kita pasti risih karena kita orang biasa kok, makanya kalo kita main di tv kan maksud nya seperti acara pesta indosiar,kita sudah sangat selektif seperti itu pun pukulannya tetep makin kuat ?”:”: mau gimana

kalo di luar band itu sendiri, setiap anggota SID itu punya porsi masing masing, bisa disebutin gak?
SID     : bisa!! Kalo Eka itu, dia yang ngurus websitenya karena dia adalah seorang web designer, kalo bikin baju atau segala macem kita runding bareng2 dan kalo udah final, Bobby yang mengerjakan karena dia adalah seorang grafik designer, kalo Jering bisa dibilang eemmh kalo rock n roll nya tu dia kerena dia yang paling rock n roll untuik turun ke jalan bersosialisasi dengan orang-orang itu bagisn dia jadoi secara informal seperti itu.

sex, drungs, dan alcohol ?
SID     :   kita memang secara konsepyual kita nggak mencampurkan musik kita dengan politik, dulu sempet tapi saat itu adalah poses pencarian diri sekarang ini sex, drugs dan rock n roll tapi tidak secara harfiah dalam arti mainin musik punk rock adalah minum bir, bersenang-senang  dan mengekspresikan diri lewat berkesenian.


Gimana scene yang ada di Bandung, Jogja dan jakarta
SID     : yaa itu hampir seragam terutama kalangan temen2 sendiri konsep berfikir kita bisa dibilang cenderung sama jadi bangsa koil, shaggy dog, ripple, dan itu  apa ini bagus kok serius gitu, cara mengemasnya bagus. dulu kita pernah digosipin dengan koil padahal kita minim bareng, trus isu2 rasis seperti kita dibilang anti jawa , seperti kejadian di Surabaya si orang Surabaya protes padahal pacarnya Bobby orang Surabaya he..he..he..

Oh iya tentang Surabaya itu tadi gimana bisa jelasin nggak?
SID     : Yang di Surabaya itu mungkin mereka salah mengerti ya ,,,termakan isu. Fans kita di situ juga sebenernya cukup banyak pada saat kejadian itu sama kayak tadi, di Medan juga, segelintir tapi agresif. Kita sebenernya nggak masalah orang bilang fuck you,anjing loe tapi kalo udah dengan kekerasan itu kan nggak bener berbeda pendapat boleh tapi kalo sperti itu kan udah memaksakan kehendak namanya, dan kalo yang di Surabaya itu mungkin dalam waktu dekat ini kita bakal main, kita nggak akan menyerah yang penting segala sesuatunya berjalan adil ketika tidak suka silakan perbedaan pendapat itu wajar cumin jangan ada kekerasan di situ, kalo mau ngobrol diskusi ayo kita diskusi.

lima tahun lagi SID masih punk rock nggak
SID : ya!!! Lima tahun lagi, enam tahun lagi  dan sepuluh tahun lagi, kita masih mainin punk rock  dan ketika album kita nggak lakupun kita tetep main musik’
punk hari ini sebenernya mau cerita apaan tho?
SID     : kita cuman sedikit memprotes tentang punk yang jadi stereotype sekarang terlalu tipikal terlalu banyak band yang mencoba menjadi blink ada juga yang nanya  wah kamu benci blink ya, padahal semua orang pengen jadi blink  trus kita benci blink …tapi nggak seperti itu ,,, kita Cuma protes tentang kondisi anak muda sekarang ini yang cenderung terlalu seragam tidak mencoba menyuarakan apa yang terjadi sekarang tapi apa yang menjadi trend sekarang. Anak muda tidak harus memperlihatkan jati dirinya seperti ,,,,mainstream yang sedang terjadi pas Blink ada bikin band yang kayak blink kan itu yang terjadi sekarang ini mungkin itu juga salah tapi kita nggak suka aja maksudnya be your self jadilah diri sendiri. …yaaaa tapi… kita juga dulu seperti itu?”:*&% ha..ha,,,ha,,,ha,,,,, idealisme SID adalah jujur pada  diri sendiri, selalu mencoba menjadi diri sendiri  apa yang kita ceritakan disitu adalah kejadian sehari-hari kita seperti itu. Esensi punk rock sejati adalah you do what ever you want.dan tidak siapapun berhak nyuruh loe untuk ngelakukan sesuatu, loe yang nentukan diri loe sendiri untuk itu.



Seek Six Sick



Bisa cerita tentang awal berdirinya Seek six sick gak?

Seek six sick berdiri sejak tahun 1999 tepatnya 28 oktober 1999 pas sumpah pemuda. Itu aja Cuma berdua yaitu aku(soni) sama Jack, dulu aku punya band lain bandku yang sekarang jadi Mock me not, kalo si Jack tu masih bareng Kow3na, terus tiap dua band itu latian aku sama Jack sering ketemu, kita sesionan berdua lama2 asyikan eksperimental daripada musik2 baku trus dia nawarin kalo kamu keluar, aku keluar he,,he,,he,, bikin yang baru ayo kita keluar!!! he,,he,,he, perkembangannya mulai serius dan ahirnya butuh orang juga kan buat ngisi personil lainnya tapi sementara additional dan intinya ya Cuma yang dua itu. Pertama itu ada Ina attret, trus ipang, werko(sekarang kowena) itu pertama kali. Jadi sempat bertahan satu kali pentas terus ganti2, terus mau rekaman  ketemu bhofak, bram. Dalam album pertama mereka masih dianggap additional setelah jadi album, banyak pentas trus cocok ahirnya jadi personil tetap. Tapi sampe sekarang belum dapet yang enak itu bassist, bassist masih blum , masih nyari2. tapi kita nggak terlalu pengen cepet dapet, sukanya setiap ganti player dapet karakter baru. Gitu aja ceritanya

sekarang berarti udah tetap empat orang kecuali bassis?
Seek six sick(sOni)      : iya!! Dulu vokalnya dua ….sama bhopak, Cuma dia tuh ?? nggak tau??sakit mental he,,he,,he,,,

Konsep Seek six sick noise rock bener gak?
Seek six sick(soni)       : sebenernya basicnya rock standar, tapi itu pijakan awalnya aja, kita mau loncat kemana terserah, bisa ke noise bisa ke avantgard, bisa post punk..

Tapi band inikan terkenalnya karena noisenya !?
Seek six sick (soni)      : iya sih!!?? Trus  opo meneh?

banyak orang menilai kalo noise rock identik dengan grunge gimana?
Seek six sick (Jack)     : sebenernya ngak masalah sih grunge atau noise rock karena grunge sendirikan asal mulanya dari noise rock, post punk dari pertama mungkin dari Neil Young,mungkin lebih mundurnya lagi itu ada Velvet, karena diakan mengklaim dirinya sebagai noise rock, eksperimental noise rock. Grunge sendiripun  itu sebenernya cuma label, sebenernya tetep rock. (soni said) itu sebenernya Cuma label industri untuk jualan jadi sama aja.



kalo ada yang bilang seek six sick itu band grunge gimana?
Seek six sick      : nggak masalah nggak apa2 , ada juga yang bilang post rock , acara grunge kita pernah diundang (bhopak said yang penting bukan keroncong dan bukan dangdut” he,,he,,he bahkan ada juga yang pernah bilang kita broken pop tapi terserah yang bilang

Gimana sampe bisa “ketemu” sama Sonic Youth
Seek six sick(soni)       : awalnya waktu eksperimen kita berdua itu kan susah kalo langsung bikin lagu, awalnya kita bawain lagu orang tapi nggak pernah persis he,,he,,he
Seek six sick(bhopak)  : kita bawain sonic youth tapi dengan versi seek six sick, dulu awalnya kita bawain sonic youth.
Seek six sick(jack)      : dulu awalnya kita masuk ke noise rock juga karena sonic youth sebagai pijakan awal

Berarti sekarang pengaruh sonic youth masih sangat kuat?
Seek six sick (Soni)     : Iya!! Cuma itunya, cara dia bermain musik dan menikmati musik bukan lagu2nya lagi, dan bagaimana mereka memperlakukan alat musik,

sejauh mana animo anak-anak terhadap seek six sick?
Seek six sick      : karena band kita baru, terus belum punya komunitas khusus noise sendiri jadii kemana-mana bisa masuk kita (bhopak said “jadi kita ini disayang sama yang lainnya.) tapi sifatnya noise kan kemana aja bisa masuk ke metal, ke indi, jadi semua menyayangi.(bhopak said “masuk ke laut juga bisa he,,he,,he,,”)

seek six sick kan band pertama noise di Jogja , trus gimana seek six sick sendiri?
Seek six sick      :(soni) “mungkin sih??” (bhopak said mungkin dulunya ada juga selain kita tapii mungkin nggak serius  mainnya”)

pernah manggung di kota lain bareng band noise dikota lain gak?
Seek six sick      :(Soni) pernah,! Itu di Malang , tapi dia noisenya dari grunge dan katanya setelah kita main disana baru noisenya mulai berkembang, di sana itu acara grunge tapi seperti post grunge atau kelanjutannya grunge, habis kita main disana , mereka masih sering ngontak kita, mereka udah mulai banyak inspirasi cara bermainnya.

performance yang paling memuaskan kapan dimana?
Seek six sick      : (soni)Sebenernya sih puas terus tapi yang paling puas di LIP dan FKY yang di tugu soalnya setingannnya asik mengelilingi tugu kan dan ada dua drum kita bisa main sisi selatan , sisii utara (bhopak: “ empat mata angin lah” jadi bisa mutr2) Jack? kowe madep ngendi tho? (Jack: “arah barat) jadi satu grup tuh lain2 madepnya yaa kayak main sendiri2, trus sama di LIP.

lagu yang menurut band paling Seek six sick  yang mana?
Seek six sick      : (soni) kalo aku shadow di album pertama

itu gimana kok bisa seek six sick banget?
Seek six sick      : itu gimana ya?, bener2 lepas, bener2 eksperimen . aku Cuma naro gitar feed back Cuma main effect si jack juga yang main terus Cuma drum  sama bass. Vokalnya juga kesana kemari (bhopak: mungkin semacam jazz, tapi jazz yang noise, jazz eksperimental”) sebenernya itu juga lagu kenangan, disitu masih ada vokal yang dulu bagong sekarang dia lagi stress, gangguan mental dia tuh nggak mau di ajak ngobrol dieeem aja.

berarti sebenernya itu cocok banget sama seek six sick he,,he,,he
Seek six sick      : (bhopak) iya!! Sebenernya cocok banget Cuma kadang susah? (soni) terahir-terahir dia nggak mau lagi diajak pentas?”:

ada tambahan lagi gak?
Seek six sick      : (bhopak) lagunya? Selain shadow gitu? Biasanya lagu yang paling mewakili itu kalo pas kita pentas, kadang kita ada satu space untuk satu  lagu jam session langsung tanpa rencana, biasanya itu yang paling mewakili. Jadi terekamnya yaa pas waktu live aja bener2 murni jadi umpamanya kita bawain lima lagu tapi ada satu , jadi enam, tapi lagu itu ebenernya nggk direncanain,(sOni) jadi itu jam session diatas panggung, kadang di awal, kadang di ahir tapai ada juga yang ditengah.terserah mut nya di mana tapi paling sering kalo nggak di awalk, yaa di ahir.

selain sonic youth ada influence musik lain nggak?
Seek six sick      : (soni) tiap orang beda2 yaa tapi semua punya kesamaan Sonic Youth. Kalo aku sendiri, new wave, post punk, grunge, croud rock.

kalo nama bandnya apa aja?
Seek six sick      : Kent, Pause, biasanya kita kalo udah aada CD baru, yaa udah copy buat semua (bopak said “Iggy pop, david bowie, orgy sedikit tapi nggak terlalu banyak )

ini buat bhopaq, kalo dalam lirik ada influence khusus nggak?
Seek six sick      : (bhopak) ya!! Kayaknya Chairil Anwar, meskipun saya belum pernah baca Chairil Anwar tapi kayaknya Chairil Anwar (Soni said influence  dari semangatnya dan mati muda he,,he,,he) Leo Kristi !!, waah jangan mati muda dunk agak tua aja Son!! Tujuh ratus lima gitu?

ini aku denger buat kumpulan puisi? Bener gak?
Seek six sick      (bhopak) bener, sebenernya aku emang seneng nulios puisi aja (Soni) dulu ceritanya waktu kita ambil bhopak itu dulu bhopak itu bukan vokalis band apapun (bhopak: aku dulu penggembira!! Penggembiranya dia) jadi bukan karena vokalnya bagus, referensinya banyak tapii gara2 dia banyak bikin puisi. Di kamarnya ada ada beberapa buku puisi, kasian kalo nggak dimanfaatin.

jadi kebanyakan, lirik lagunya itu dari puisinya bhopak?
Seek six sick      : (soni) iya,,,kadang yaa kalo terlalu norak tak suruh gantihe,,he,,he (bhopak: soalnya kadang2 mereka gak ngerti. Kalo aku buat khusus untuk lirik supaya nggak terlalu puitis itu gimana?jadi aku harus bedain, gitu!! TapI anak dua ini juga bikin (soni: aku Cuma bikin lagu ini tentang ini,<< terus dia yang manjangin.

lirik2 lagunya seek six sick ini mau cerita tentang apa?
Seek six sick      : (bhopak: yaa,, kayak memperkenalkan diri kita ini bagaimana,(jack: itu Cuma beberapa lagu..tergantung lagunya) terus tentang apa namanya ,, (ask to soni ) lagu mu?? Tentang cinta , seneng sama cewek, seperti warna kehidupan gitu lho ada hitam ada putih..

jadi bukan lebih pada kritik sosial misalnya?
Seek six sick      : Oooo nggak!!tapi mungkin ada satu dua tapi kita nggak seluruhnya ke sana Cuma yentang kehidupan. (jack: sebenernya kalo saya bikin lirik itu asal keluar aja jadipas jadi lagu itu dihubung2in aja,ada juga yang dipikir dulu baru dibuat. (soni: kayak bikin pussle ya seperti siapa ya,,teddy berkarya seni itu sama seerti menamai anjing nya anjing lucu ini bagusnya namanya apa yaa gitu aja lah.

ini buat soni sebagai seniman. Sejauh apa pengaruh seek six sick terhadap karya2 yang dihasilkan?
Soni  : waah kuat banget jelasaku bikin karta senirupa visualisasi dari musikku, kadang aku bikin musik versi suara dari seni rupakusi jack juag dia bikin photografi kurang lebih samalah seleranya Cuma versi suara sama versi Foto.

apa yang ingin dikatakan ke publik lewat seek six sick?
Sick sek sic        : (soni): semua orang tuh seniman semua orang bisa jadi seniman seniman itu yaa orang biasa gitu aja, orang jual dijalan asal dikasih gitar dia mainnya kayak apa ya itu pola nya dia nggak perlu harus bisa gitar klasik(bhopak: sama nikamati hidup ini jangan dibawa susah meskipun susah, seneng2in aja gitu aja dah.
Outmagz    : tanggapan seek six sick sama album pertama itu puas fgak?
Seek six sick      : tetep anu ee, seperti tetep ada yang kurang (soni: bikin karya pertamanya sih harus puas tapi setelah lama  arus nggak puas. jangan puas terus ntar gak bikin karya lagi , rasa puas itu harus ada waktunya.

trus tanggapan publik terhadap album yang pertama  gimana?
Seek six sick      : (soni) kayaknya sih mereka tau yang kita maksud nyatamnya dibandung aja dibajak he,,he,,he,, (outmagz: gimana tuh rasanya?) yaaa lumayan nggondok sih (bhopak: tapi itu salah kita juga mungkin karena nggka kasih kaset ke sana (jack : itu entah seneng ata Cuma penasaran? Ngak tau ) padahal covernya itu Cuma potokopian (bhopak : di bajak ASYIIK???!!! He,,he,,he,)

biasanya apa yang dilakukan dipanggung?
Seek six sick      : (soni): yaa biasa kalo aku sih main gitar he,,he,,he (Bhopak: kalo dia(Jack) pernah kencing nih ha..ha..ha..) iya dia pernah kencing disamping panggung itu mungkin salah satu ekspresinya si Jack ha,,ha,,ha(bhopak: tapi untungnya kemari mainnya dipanggung terbuka,kalo di panggung indor mungkin dia mikir juga he,,he,,he.itu pas di mana? Kedai kebun yaa..(jack : itu jangan di tulis yaaa!!!!!!!!!! Masa lalu!!

apa yang sekarang ini paling diimpikan , main bareng band2 noise atau bareng sonic youth?
Seek six sick      : (soni): kaloaku sih pengen pentas keliling asia,,kalo bisa asia , aku pengen didengerin orang yang senasib sama kita lah!!kehidupan yang sama, mereka bisa apresiasi gak? Didengerin orang barat , mereka udah siap kalo dsama2 orang asia tenggara kayak apa? Nggak heran sih kalo pentas di barat, mereka udah bvanyak yan kayk gini (bhopak: pentas di iran, bangladesh he,,he,,he ) myanmar seandainya bisa, (bhopak : Vietnam : he,he,,he abis main ditembak!! )

katanya album kedua ada kasus?
Seek six sick      : iya, hardisknya kebakar jadi kita nggak punya master. (bhopak: nggak kebakar sih Cuma nggak bisa dibuka datanya dan kalo mo nyelametin datany kita harus bayar dengan dana 400ribu. sedangkan dana untuk rekaman aja belum kebayar.jadi mikir aduh gimana caranya?? (soni) : 400 ribu bisa buat rekaman lagi) untungnya aku udah bikin ke cd semua meskipun belum fix semuanya (soni) kalo nggak take ulang ya itu , paling nyelamatin yang di hardisk(jack : tapi kita tetep ada rencana take ulangtapi dengan materi yang baru, main live tapi track. (Soni) kalo multitrack kelihatan apa? Seperti terencana gitu, aneh aja.

trus yang akan ditawarin dari album ke dua ini apa?
Seek six sick      : Cuma album pertama fotonya dua kalo sekarang fotonya empat, kalo dari segi musik yaa pasti lebiih?? Sebenernya klise sih album ke dua pasti pendewasaan album perama itu jelastapi kalo album ke dua kita lebih mundur atau album ke dua sama dengan album pertama, mending kita nggak usah bikin album.harus beda

menurut seek six sick bedanya di apa?
Seek six sick      : Bhopak: ini mungkin ada tambahan pake loop sama PS ya son yaa?

tapi nuansanya tetep noise kan?
Seek six sick      : Iya !!!

di album kedua ini ada adittional nya gak?
Seek six sick      : (bhopak): nggak ada , tapi kalo untuk manggung ada!! (soni) : yang kemarenkan multitrack jadi aku ngebas sama nggitar.

bassist yang manggung bareng di Morisland itu gak dipake?
Seek six sick      : (bhopak):nggak!! Sebenernya dia itu gitarisnya Noise for violence, tapi dia itu mungkin salah satu vans berat ya??? Soalnya di lengannya ada tato seek six sick ha..ha..ha..(soni): sebenernya aditional kita Cuma make ya bener2 seorang aditional Cuma buat memainkan yang udah kita bikin. dia nggak perlu bikin lagi. Bass nya udah kita tetapin kuncinya, yaa dia nggak boleh berubah mainnya

rencana 2 taun ke depan
Seek six sick      : (Jack): kalo seek six sick sic mau buat album ke empat.(soni): dulu rencana sama Jack tuh mau bikin lima album baru boleh bubar. Jadi seek six sick baru boleh bubar setelah pounya lima album.nggak tau lima album itu bakal jadi 10 taun atau berapa tapi minimal umur seek six sick itu lima album.

trus bagaimana ngeliat perkembangan youth scene Jogya
Seek six sick      Ljack) ya lebih maju lah daripada 3, empat taun yang lalu.(bhopak: sekarang lebih membaur dulukan masih ada gap2an ada pengkotak-kotakan sekarang jadi lebih satu,,,(soni: dulu kan masih darah muda, kayaknya yang disenengin ya yang didenger sekarangkan musik Cuma alat hiburan, tapi kemarin ada kekonyolan, memperlakukan musik seperti agama

yang dilakukan  agar youth scene terus berkembang?
Seek six sick      : (Jack) bayarlah tiket kalo masuk acara musik UG karena Jogja ini parah banget, contohnya umpama ada distro ngadain acara, trus ada yang nyumbang, tapi pas acara dia masukin orang(temen2nya)banyak banget jadi yaa nggak “cucuk”sebenernya itu aja , kesadaran untuk membeli tiket.(Soni): trus kalo buat membajak bajak aja band2 barat karena itu memang layak dibajak ya buat mencerdaskan bangsa kitakiat ini negara nberkembang. Tapi kalo band lokal jangan (bhopak): kalo lokal yang dibajak kapan mau berkembang kita?? Pokoknya supportlah band lokal(jack ): aku yakin kalo udah ada kesadaran itu kita(band2 lokal) bakalan maju dan berkembang.













  






Slackers

Diana, Slackers, dan  pergerakan pertama Indie Jogja

 


 Perempuan muda kelahiran Bandung ini adalah perintis lahirnya distro (distribution outlet ) di Yogyakarta.

Sudah delapan tahun Diana tinggal di Jogja, waktu ini dirasa cukup buat Diana untuk  mengenal banyak komunitas indie di Jogja. Baginya,  komunitas-komunitas indie di Jogja  itu kuat dan sangat potensial. Tapi walau begitu, Diana masih mendengar banyak pertanyaan di seputar kalangan muda saat itu di Jogja, seperti, “distro itu apaan sih?”.  “Indie itu apaan sih?”,  “Koil itu Apa?”, “Jeruji itu apan tho?” Pertanyaan-pertanyaan ini kian mematangkan niat Diana untuk mendirikan distro, menjadi tempat dimana orang bakal dapat banyak hal tentang dunia indie.
Dan didirikanlah, Slacker, di tahun 2000. Sebuah  distro yang pertama kalinya hadir  di Jogja. Slacker dibuat bukan cuma sekedar tempat biasa, dimana orang datang cuma buat beli. Tapi katanya,  “juga bisa nyatuin komunitas dan jadi ajang diskusi antar komunitas juga”. Banyak komunitas yang membantunya, seperti: Common People, Comberan Record, Komunitas Sayidan dan Kominitas keparakan.
Ada dua ide penting yang juga melatari lahirnya Slackers yaitu sebuah penggabungan dua kultur yang berbeda. Kultur Bandung tempat dia besar dan kultur Jogja dimana dia tinggal sampai sekarang. Mengangkat Jogja di komunitas indie Bandung. Dan sebaliknya,  Diana bisa memperkenalkan ‘Bandung’-nya di kalangan komunitas Indie jogja. “Biar semuanya bisa gabung dan jadi sesuatu yang lebih kuat lagi baik dari segi komunitas, kultur, dan musiknya”, jelasnya.
Banyak kendala pada awal mula berdirinya Slacker. Sebab distro, sebagai alternative venue merupakan hal yang baru pada 2000-an. Bicara soal produk, Diana bilang bahwa distro sebetulnya bisa  berfungsi sebagai media penghubung antar pemilik produk dengan konsumen-nya. “Pemilik distro harus mengetahui suatu  product knowledge kemudian  bisa nyampein product knowledge itu kekonsumennya”.
Ia berkomentar pula soal eksistensi distro, “kalo distro pengen eksis, distro itu harus bawa soul, punya konsep yang jelas, produk bagus dan bisa jadi media penghubung antar semua komunitas Indie”, katanya bersemangat. Oh ya, saat ini Slacker punya recording company bernama SLC records dan telah ngerilis dua band yaitu The Solomon dan Morning Horny. (ibeng) 

Down for Life (jaman dulu juga)

Interviev with Down for life Solo:

Latar belakang musik??

Ok  kami mempunyai latar belakang musik yang berbeda-beda, Adjie seperti saya misalnya…saya suka beberapa genre  musik cadas terutama he…he..he….si  Ajie suka banyak musik juga yang mungkin dirangkum yang penting ngakar pada musik ROCK!!

Sejauh mana  pengaruh musisi luar negeri terhadap lagu yang kalian buat?
siapa yang jadi influence kalian? any reason for that bands??

Adjie: Sangat berpengaruh!! Kami kan budak dari kebudayaan barat? kami gak bakalan main musik cadas tanpa dicekoki lagu2 Metallica, Slayer, Black Sabbath.
            Influense : SLAYER,BLACK SABATH, METALLICA, KILLWITCH ENGGAGE, CHIMAIRA,dan semua yang rock dan cadas

Jojo : Jujur saja mereka sangat berpengaruh besar pada musik yang kami buat,seperti halnya KOESPLUS dan PANBERS,mereka tetap terpengaruh oleh musik-musik luar negeri pada eranya….maka kami pun terpengaruh oleh musik-musik maupun musisi pada era kami dan mungkin juga lifestyle mereka yang kami adaptasikan terhadap kehidupan kami.
Banyak influence band-band luar maupun lokal seperti:
Kill Switch Enggage, mereka berhasil mengeklusifkan hardcore music kepada dunia dengan album-albumnya yang cukup mendobrak.
Hatebreed,  they have a really-really attitude hardcore band in the world
WARZONE, they was a band yang meluruskan kembali apa sebenarnya hidup ini dan berhasil menyampaikan pesan-pesan hidup yang mereka gabungkan dengan musik mereka.

Pandangan kamu terhadap perkembangan musik di Solo?
Adjie : Perkembangan musik di Solo sangat meggembirakan dan kita selalu tertawa, tertawa karena bahagia dan semuanya merupakan proses yang tanpa akhir. Pola pikir yang masih kolot dan SDM yang kurang secara kuantitas maupun kualitas,,,tapi itulah yang membuat Solo berkembang dengan segala kekurangan dan kelebihan SOLO ADALAH SOLO !!DAN ROCK AKAN MENGAMBIL ALIH…!!!
Jojo: ok saya akan menjawab dari segi elemen pendukungnya…
Media-media di Solo sekarang sudah cukup mendukung perkembangan musik Solo walaupun kadang-kadang juga menjadi ajang persaingan. He…he..he
public Solo emang aneh!!!!!!tapi Solo mulai berkembang….

Dah keluar album belum? trus apa yang mau kalian sampaikan lewat album kalian?
Adjie :Kita sedang proses recording, mungkin akhir tahun album kami sudah dirilis oleh  Dappros Record,
Pesan???Kami bukan nabi ataupun orang pintar yang memberi pesan, isinya hanya omong kosong,omong kosong adalah karya juga kan??dan saya tidak ingin merubah apapun dalam album DFL, itu adalah album dari band busuk yang mencoba untuk bermain cadas
Jojo : Banyak yang kami sampaikan dalam musik kami, secara garis besar bagaimana kita menghadapi hidup ini..

Lirik kalian nunjukin apa?sosial, politik or what?

Adjie :Lirik DFL tentang refleksi diri dan revolusi diri,sangat subjektif dan individualis.bukan tentang social politik…Susah..saya hanya ingin menulis lirik dari apa yang saya lakukan dan saya rasakan…self revolution
Jojo : Self revolution

Apa yang kamu lakuin untuk Solo? dalam hal musik tentunya?
Adjie: Apa yang kami lakukan??kami melakukan untuk diri kami sendiri saja sulit..semua yang kita lakukan pasti akan berimbas kepada orang lain.& di sekitar kita kan?
Untuk musik?DFL bukan hanya sekedar band yang bermain musik, kami adalah keluarga…saya mempunyai kolektif dengan beberapa temen, “BAHAYA” kolektif namanya.disini saya menuangkan segala keinginan dalam bentuk event, ada beberapa event yang sudah kami kerjakan, ROCK IN SOLO ROAD TO EURO, HIP HOP HOORAY,dan dalam waktu deket BENGAWAN FEST

Jojo : We more rockin this lovely beautifully Solo city

Manggung paling Wild dan liar?
Adjie : All gigs are heaven!!!
Jojo : Malang..acara apa saya lupa ,trus rock in solo,we spend our power

Pernah gak kalian memikirkan tiket acara pada waktu kalian maen? terutama buat temen-temen satu genre
Adjie : Management DFL sering mempunyai komitmen dengan pihak penyelenggara mengenai ini  ,,,You can leave the getto, But the ghetto never leave you…
Jojo : sering, dan kita punya komitmen dengan panitia


 bisa nggak kalian menggambarkan musik kalian dengan kata-kata?
Adjie : METAL…METAL..METAL  !!!!
Jojo : ROCK, CADAS HARSH ROCK

band local yang pengen kalian rekomendasikan?
Adjie : LEK WIDODO, band dangdut dengan sentuhan metal
            MOMENT OF PAIN , band metalcore masa depan dngan sentuhan dangdut!!
            SPORADIC BLISS , saat Grunge bertransformasi dalam bentuk baru tanpa batas
            NOTHING SPECIAL, band melodic Punk dengan Frontman seorang pelawak
            PETERPAN , Indonesia answer dashboard confensional
            Semua band local bagus dan cantik
Jojo :-

13. Tanggapan kamu tentang orang2 yang tidak menyukai atau mencemooh kamu dalam satu scene?
Adjie : we will not remember words of our enemies, but the silence of our friends
Jojo  : Cemoohan orang itu sebetulnya bahwa dia sangat perhatian terhadap kami dan kami menangggapinya sebagai kritik yang harus kami terima
Our sweet enemy is our lovely sweet enemy

Intervu by, ibeng
For more contact : Dapross records
Mobile : 08156751601

Parkinsound #4

Parkinsound #4

Electronic movement vs rave party,
Hingar bingar tapi apakah masih dengan semangat yang sama?

Dimulai ketika saya melihat sebuah poster besar berwarna hitam bertuliskan PARKINSOUND 04, GLOBAL UNDERGROUND bertebaran di setiap sudut jalan dan dinding-dinding kosong di Jogjakarta.  Ahirnya setelah hampir lupa dari ingatan orang-orang selama dua tahun, kata Parkinsound muncul lagi. Pasti sebuah kabar baik dalam hati saya. mengapa tidak, setelah gaungnya tidak terdengar selama  hampir empat musim, perhelatan musik elektronik terbesar ahirnya terjadi lagi di kota jogjakarta ini. Selama kiprahnya dalam mengangkat musik elektronik, Parkinsound boleh dibilang merupakan ajang yang paling spektakuler dan berhasil dalam pargerakan musik elektronik di Jogja khususnya dan bahkan di Indonesia pada umumnya.
Kemudian sekarang konsep baru apa yang ingin diangkat oleh parkinsound itu sendiri? setiap orang pasti tidak sabar untuk datang dan menyaksikannya, apalagi kali ini beberapa nama baru yang cukup menggebrak dimunculkan. Siapa yang tidak kenal Koil, band Bandung yang boleh dibilang sangat berhasil di jalurnya dengan mengusung musik Industrial, Homogenic yang saat ini namanya terus meroket dikalangan kaum elektropop, Second Floor duo electronic asal jogja  dan satu lagi yang pasti menarik perhatian adalah ARK yang datang jauh-jauh dari Perancis untuk unjuk kebolehan di bumi Indonesia. Tentu saja disamping itu nama-nama lain yang sudah eksis sejak parkinsound terdahulu seperti Melancholic bitch yang kali ini mencoba untuk berkolaborasi dengan DJ Wanda, Agriculture, DJ Rhino dan Elektrofuck yang dikenal “gila” dalam hal musik electronic ikut meramaikan parkinsound #4 ini. Dan satu lagi, karena pada salah satu title acara ini terdapat kata Ultimate rave maka tidak ketinggalan beberapa DJ yang tergabung dalam Energy Room dan Java bass ikut serta meramaikan event kali ini.
Untuk lebih membangun nuansa yang berbeda, kali ini Parkinsound tidak diadakan di dalam sebuah gedung tertutup atau dalam sebuah Hall besar. Parkinsound kali ini diadakan di salah satu tempat paling bersejarah di pinggiran kota Jogja yaitu di kawasan Candi Prambanan. Melihat dari semua itu, pengisi yang bagus, tempat yang menarik dan publikasi yang cukup gencar, kita dapat membayangkan bagaimana seharusnya acara tersebut berlangsung.
Seharusnya acara ini adalah acara yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar penggemar musik elektronik, tetapi ada sesuatu yang terasa “lain” pada Parkinsound kali ini, antusiasme untuk ikut serta menjadi saksi ajang sedikit menurun dibandingkan dengan parkinsound sebelumnya. Saya mendengar beberapa opini yang  berbeda tentang parkinsound#4, sebut saja Widi(23) ,” dulu gue bisa ngerasa rugi kalo nggak nonton, sekarang gue nggak ngerasa rugi kalo nggak nonton parkinsound, kaya” nya sekarang kebanyakan DJ nya”. Tapi beda lagi dengan Tom(24) “Dulu gue nggak liat parkinsound rasanya nyesel banget, sekarang mumpung ada acara ini gue mau ilangin penasaran gue kaya apaan sih acaranya?!”. Itu adalah beberapa opini kecil yang terdengar sebelum acara tersebut berlangsung. Tentu saja hal ini perlu pembuktian, dan satu-satunya adalah dengan datang langsung ke acara tersebut.
Ahirnya malam yang ditunggu2 datang juga.(9 oktober 2004) Sekitar jam 8 malam pintu masuk sudah mulai dibuka, walaupun masih terlihat sepi beberapa orang nampaknya mulai masuk ke pelataran Candi Prambanan. Pintu masuk ke acara ini adalah sebuah jembatan yang  di sisi kanannya  terlihat beberapa karya seni instalasi untuk menyambut pangunjung walaupun ada beberapa yang tidak berfungsi hal ini cukup menarik beberapa pangunjung untuk sekedar melihatnya. Dari situ sudah terlihat beberapa tenda milik sponsor dan deretan spanduk yang berjajar di area seputar enera parkinsound #4. Masuk lebih jauh lagi terlihat sebuah panggung berukuran sedang dengan screen besar dan beberapa DJ equipment, tampaknya panggung ini diperuntukkan khusus bagi para DJ. Begitu menoleh ke kanan, sekitar 150 meter terdapat sebuah panggung yang lebih besar dengan giant sreen bertuliskan Parkinsound #4   yang dibelakangnya terlihat megahnya candi prambanan.
 Pengunjung belum juga memadati tempat ini tetapi tepat jam 9 malam dari arah main stage sound berkekuatan sekitar 30.000 watt dari Melancholic Bitch seakan memanggil pengunjung untuk mulai berkerumun di sekitaran panggung utama. Tanpa banyak basa-basi mereka langsung unjuk kebolehan apalagi kali ini DJ Wanda ikut berkolaborasi dengan mereka untuk pertama kalinya. Lagu demi lagu mereka bawakan tetapi sayang kolaborasi yang mereka tampilkan nampaknya tidak dapat secara maksimal tertangkap oleh penonton karena sound2 yang dihasilkan DJ Wanda dari peralatannya tidak dapat terdengar secara maksimal di telinga pendengar. selanjutnya lampu utama dipadamkan dan pada giant screen muncul nama KOIL, serentak penonton yang tadinya masih sekitar 10 meter dar panggung langsung berteriak dan  menyerbu ke bibir  panggung. Tidak lama kemudian Koil muncul bersamaan dengan menyalanya lampu panggung dan hentakan lagu mereka, kontan saja penonton yang tadinya hanya diam sekarang mulai bergerak bahkan ada sebagian kecil yang mencoba untuk mulai bermoshpit. Performa Otong memang cukup memukau apalagi dengan gaya rambut baru yang seperti habis di rebounding membuat penggemarnya yang notabene adalah wanita berteriak semi histeris. Selidik punya selidik mereka adalah penggemar Koil yang datang jauh2 dai Bandung untuk melihat kelompok ini.
Setelah penampilan Koil, homogenic mulai mempersiapkan diri untuk performance selanjutrnya tetapi nampaknya fokus penonton mulai terbagi dua karena di second stage para DJ sudah memulai pesta mereka dengan alunan dance musik. Sebagian besar penonton mulai  tersedot bergerak ke second stage.  Disela-sela itu saya sempat bertanya pada salah seorang penonton tentang bagaimana acara ini,Totom  (25)  “Sampe saat ini aku masih nunggu kejutan, soalnya aku gak ngeliat parkinsound #3, sejauh ini aku masih nunggu kejutan itu”.
Sementara second stage semakin panas dan ramai, di main stage Homogenic yang kali ini mencoba konsep baru dari elektropop dengan image putih ke arah yang  lebih gelap dan nampaknya mereka cukup berhasil karena saya melihat beberapa penonton sangat menikmati musik mereka dan salah satu penonton Boy (23) “ Gue emang seneng banget ama musiknya Homogenic pokoknya harus nonton “. Tidak lama setelah Homogenic, sekarang giliran Elektrofuck yang naik main stage, dengan peralatan yang super rumit, ternyata dia tidak sia-sia hampir semua penonton dibuat diam terpukau dengan penampilannya. Suara-suara unik yang dihasilkan beat-beat yang kadang halus dan kadang menghentak memang patut mendapat acungan jempol.
Sekitar jam 1 pagi, pengunjung semakin ramai , suasana rave party semakin kental terasa, ditambah lagi artis yang tampil memang memainkan beat2 dance sebut saja Second Floor, Agriculture, Ark, Jerome  dan Weza. Mereka adalah nama2 yang cukup terkenal dikalangan rave pary jadi bisa dibayangkan kejadian selanjutnya.
tetapi satu yang menjadi pertanyaan, apakah semangat Parkinsound kali ini masih sama dengan semangat parkinsound sebelumnya?  ( Ibeng )

666

intervu ini saya lakukan beberapa tahun lalu,Bieannale Jogja di taman Budaya

Karyanya diperhitungkan dalam kancah seni Asia, eksistensinya tidak perlu dipertanyakan, baginya music dan kanvas sama-sama punya kekuatan. Sekarang dia malawan dengan “distribution yourself” seni yang mandiri katanya.

 Apa yang coba anda katakan dalam karya2 anda ini?
Soni             : yaa, aku ni mau bicara tentang distro( distribution yourself)tentang tidak memulai berbuat tidak menunggu uluran tangan dari pihak yang lebih kuat tidak perlu menjilat sebuah galeri yang sudah mapan, bikin aja sendiri, kayak distro kan menyalurkan barang2 temannya,,,

DIY dan distibution yourself sejauh mana relevansinya?
Soni             : kalo di Jogja udah banyak kan distro2 itu, udah jadi fenomena lah tapi mungkin kalo menurut aku jadi melenceng maknanya, distro kalo menurutku Cuma dibilang distro bukan dibilang toko. toko kan kan bener2 mencari untung, kalo distrokan sebagai distributor awalnya membantu teman yang uingin memasarkan barang temen yang tidak bisa masuk ke toko komersil, membikin wadah buat menyalurkan, yaa kalo secara kuantitas sih sudah banyak,tapi nggak tau maknanya bener nggak “distro”, itu yang perlu dipertanyakan. Kadang ada distro yang tetep jual kayak merek adidas??? Ngapain,, kan itu ditoko gede udah ada malah lebih lengkap,,,,ngapain dia jual lagi???

Apa sekarang waktunya untuk mulai youth culture?
Soni                 : sebenernya sih harusnya udah dari dulu,nggak Cuma sekarang mestinya

Tapi kalo sekarang , lagi rise-risenya nggak nih?
Soni                 : sekarang,,kayak liat aja pameran di sini ini kayaknya ada seperti dua generasi   ada yang muda ada yang tua , keliatan arya mudanya yang kayak gitu(nunjuk2 ke beberapa karya yang dianggap muda oleh soni)mungkin karena kita muda , membuat karya yang seperti itu he,,he,,hepernah yang diributkan tentang biennale ada yang bilang waah seniman muda kesenengen disejajarkan dengan seniman tua yang prestasinya udah tinggi, punya nama besar, yang muda baru taun “naik” udah disejajarkan?? Kalo menurutku sih lebih kesenengen yang tua mereka masih disejajarkan dengan seniman yang masih muda, mereka udah layu kan??udah basi kan sekarang taun 200an karyanya masih kayak gitu””” he,,he,,he..

Gimana ngeliat mess 56, taring padi, kan masih muda2 juga
Soni             : yaa keliatan spirit mudanya aku seneng sih. Aku lebih seneng kalo pameran sekarang ini dibilang bareng sama Eko Nugroho daripada  dipameran ini aku dibilang bareng sama Heri dono, aku lebih seneng bareng sama yang muda. Lebih bangga aku bareng sama yang muda.

ngomong2 udah laku berapaa nih?? He,,.he..he
Soni             : apa?? Ini??kao kaos udah laku sepuluh, CD sembilan kalo pin banyak,, aku males jaganya, yang jelas seni itu menurutku hiburan lah nggak yang berat2 seni yang bagus adalah seni yang bisa menghibur rakyatnya. Ngomong2 tentang kontribusi, negara ini lagi susah, lagi sengsara aksi aksian kalo dikasih karya yang berat berat bikin orang sejuk, mereka kaum menengah bisa beli, bisa dipake,barang2nya kayak pin,kan nggak kan nggak harus karya yang harganya ratusan juta Cuma buat diumpetin di galeri, di kamar rumah kolektor kolektor. kalo kayak kaos kan bisa buat jalan2 he,,he,he